Kamis, 23 Mei 2013

#

madu asli vs madu palsu

Semua orang pasti tahu manfaat madu bagi kesehatan manusia. Tapi kebanyakan orang tidak tahu  bagaimana membedakan antara madu yang asli dan palsu?
Sebagian besar orang mengatakan bahwa madu asli memiliki ciri-ciri,  tidak dirubung semut, kalau batang korek api dicelupkan kedalam madu dan digoreskan bisa menyala, ada pula yang mengatakan kalau lilin (malam) masih terlihat. Ternyata itu semua tidak benar.
Ada beberapa cara  mudah untuk membedakan antara madu asli dan palsu, diantaranya adalah:
1. Langkah pertama, perhatikan botol madu, kalau ada endapan berwarna putih pada dasar botol, dapat dipastikan bahwa madu tersebut adalah palsu, dan jangan dibeli walau pun dijual di super market.
2. Keaslian madu dapat diketahui dengan cara mencelupkan sendok plastik kecil kedalam tempat madu, lalu angkat tinggi-tinggi sendok tersebut. Tetesan madu  asli tidak  terputus, sekalipun tertiup angin, sedangkan madu palsu tetesan madu dari sendok akan terputus-putus.
3. Ambil secarik kertas, lalu celupkan sendok plastik ke dalam madu, kemudian bentuklah lingkaran dengan tetesan madu pada kertas tersebut. Dalam waktu satu menit lingkaran akan berubah membentuk seperti gelang yang dironce (gelang monte), itu adalah ciri madu asli.
4. Langkah terakhir, ambil piring bening, lalu tuangkan madu secukupnya ke dalam piring. Kemudian tuangkan air diatas madu dan goyangkan piring (seperti mengayak) sampai madu dan air bercampur secara rata, madu dan air yang sudah tercampur tersebut akan berbentuk sarang lebah.
Bagi pembaca yang menginginkan hidup lebih bergairah silahkan mengkonsumsi madu dengan ciri-ciri seperti tersebut di atas.
Selamat mencoba.
sumber artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirim komentar jika ada yang kurang paham