Senin, 09 Desember 2013

#

KEUNGGULAN MADU



1.  Pengganti gula
                Madu bisa digunakan sebagai pengganti gula ,namun sesungguhnya madu lebih menyehatkan bila dibanding gula. Campuran madu+susu sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.
2. Mudah dicerna
                Karena molekul gula dapat berubah menjadi gula (fruktosa kemudian menjadi glukosa), hal ini lah yang menyebabkan madu mudah dicerna oleh perut lalaupun madu memiliki kandungan asam yang tinggi.
3. Sumber vitamin dan mineral
                Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral, misalnya : vitamin C, kalsium, dan zat besi. Kandungan vitamin maupun meneral madu tergantung dari asal nektar madu.
4.  Sumber anti oksidan
                Nutraceutical yang terdapat dalam madu sangat efektif untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh manusia, dan dapat pula memberikan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
Bahkan antioksidan pinocembrin akan menjadikan tubuh , terhindar dari penyakit dan terlihat lebih muda.
5. Memenuhi kebutuhan protein
                Kandungan protein dalam madu berkisar antara 2,6 %, namun kandungan asam amino non-essential maupun essential  cukup beragam  sehingga asam amino inilah yang akan memenuhi kebi=utuhan protein pada balita
6. Mengandung zat antibiotik
                Madu mengandung antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit (menurut Peter C Molan, peneliti di university of waikoto, New zealand).
Beberapa penyakit infeksi yang dapat disembuhakan dengan  madu : batuk, demam, penyakit jantung, gangguan hati, paru-paru, gangguan fungsi mata, saraf dan telinga, infeksi saluran pernafasan.
Serta madu dapat mempercepat penyembuhan luka dan lecet.
Dikutip dari buku madu dan khasiatnya karya faisal M. Sakri
                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirim komentar jika ada yang kurang paham