Kamis, 23 Maret 2017

#

Cara Menyimpan Madu Dengan Benar

Madu merupakan minuman yang menyehatkan, telah terbutki madu memiliki banyak khasiat, pada tulisa sebelumnya sudah di bahas mengenai cara membedakan madu murni dengan oplosan. Nah pada kali ini akan di bahas tetang cara menyimpa madu dengan benar, agar selalu terjaga khasiat dari madu itu sendiri. Untuk menjaga kualitas madu yang anda beli, anda sebaiknya menyimpannya di tempat yang benar. Karena sebaik apa pun madu anda jika disimpan di tempat yang salah maka akan menurunkan kualitas madunya. Berikut ini kami akan berbagi tips mengenai cara menyimpan madu yang benar untuk menjaga kualitasnya :

1. Jangan terkena sinar matahari

    Sinar matahari dapat menurunkan kualitas madu karena jika madu terpapar oleh sinar matahari madu akan berubah warna menjadi hitam. Hal itu disebabkan oleh oksidasi karena paparan sinar matahari. Untuk menjaga kualitas dan warna madu, sebaiknya anda menyimpannya di dalam wadah yang tertutup rapt dan terhindar dari sinar matahari.

2. Menyimpan madu di kulkas
 
Menyimpan madu di dalam kulkas/refrigerator adalah salah satu cara yang direkomendasikan. Karena jika madu disimpan di dalam kulkas maka dapat mencegah munculnya organisme yang dapat mengurangi kualitas madu. Menyimpan madu di dalam kulkas juga membuat madu bisa bertahan lebih lama, termasuk madu yang sudah digunakan/dibuka.

Penyimpanan madu di tempat yang benar akan membuat madu lebih awet tanpa mengurangi manfaat dan kandungannya. Untuk itu jika anda punya madu maka simpanlah di tempat yang tersebut di atas. Selain temat penyimpanan, anda juga harus waspada dalam menggunakan sendok/alat yang dituangi madu. Demi kesehatan anda, gunakan sendok berbahan plastik saat anda meminum madu. Hindarilah penggunaan sendok berbahan logam karena dapat menyebabkan reaksi mineral dalam madu dengan mineral dari sendok logam tersebut. Untuk pembuktiannya, anda bisa mencoba merendam sendok logam di dalam madu selama satu malam saja. Pada pagi harinya madu akan berubah warna menjadi kehitaman sebagai akibat dari reaksi mineral dalam amdu dengan mineral dari sendok logam tersebut.

Madu memang berkhasiat untuk kesehatan tubuh anda, tetapi anda juga harus menyimpanya di tempat yan aman. Penggunaan sendok lebih baik yang berbahan plastik daripada sendok dari logam. Jaga kesehatan anda sekeluarga dengan meminum madu setiap hari.

Karakteristik madu asli:

1.    Madu murni tidak dikerubutin semut?
       Pada dasarnya semut menyukai sesuatu yang manis seperti glukosa, fruktosa (gula alami dari tumbuhan), sakarosa sehingga madu pada sarang lebahpun akan disukai oleh semut

2.    Madu murni tidak beku?
       Setiap madu akan mengandung kadar air sekitar 17 – 25%, yang berbeda dari setiap bunga yang dimakan oleh lebah tersebut, sehingga kemungkinan untuk mengental ataupun membeku tergantung pada kadar air pada madu tersebut. Jika kadar airnya cukup tinggi  dipastikan dia beku kalau dimasukan pada lemari kulkas

3.    Madu Murni bisa meletup dalam botol?
Madu ini adalah madu yang telah terfermentasi dikarenakan proses pengemasan yang tidak higeinis, biasanya madu lebih asam dan berbusa. Madu tersebut telah mengandung alkohol yang cukup tinggibila digoyang goyang akan meletupkan tutup botol dan berbusa banyak. Madu tersebut tidak baik dikosumsi oleh orang yang mempunyai masalah dengan lambuh

Sangat di sarankan untuk menyimpan madu di dalambotol kaca, karena akan lebih terjaga khasiatnya, di bandingkan dengan menyimpannya di dalam botol plastic, botol kaca memberikan perlindungan kepada madu itu sendiri, dari tempat yang lebih tertutup rapat, tidak akan di khawatirkan aka nada zat zat dari botol tersebut yang akan mengurangi kualitas dari madu tersebut. Seperti contoh botol plastic, apabila terlalu sering di gunakan makaakan berbahaya bagi tubuh, maka dari itu, setiap minuman kesehatan seperti madu contohnya harus di simpan di tempat yang benar benar aman dan steril, demi menjaga kualitas dari minuman kesehatan itu sendiri.

Plastik
Kelebihan botol plastik dibandingkan botol kaca terletak pada beratnya. Plastik lebih ringan dan tidak mudah pecah karena sifat bahan yang kuat. Namun dibalik keawetannya, beberapa produk botol plastik mengandung zat kimia berbahaya yang disebut bisphenol A (BPA) yang disinyalir bisa mempengaruhi kinerja otak bayi. Kabar baiknya adalah bahwa saat ini sudah banyak botol plastik yang tidak mengandung BPA, kendati ada selisih harga yang harus anda bayar untuk itu.

Kaca
Botol kaca tidak mengandung zat-zat tertentu yang bisa membahayakan seperti BPA yang terkandung dalam beberapa produk botol plastik. Kualitasnya pun rata-rata bagus dan bisa direbus untuk menghilangkan kotoran, kuman atau bakteri. Tapi ada satu alasan klise yang membuat orang tua enggan memberikan botol kaca: lebih berat dan lebih rentan pecah bisa terjatuh.
Sumber : bosbotol.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirim komentar jika ada yang kurang paham